Manfaat Coklat Dan Keunikannya

Tidak ada yang tau bila kata coklat berasa dari bahasa yang dipakai oleh Aztec yaitu xocoatl. Menurut mereka dan suku Maya di Mexico, coklat berasal dari surga yang diberikan kepada mereka oleh Dewa Pertanian. Pada tahun 1502-1528 orang spanyol (Cortes) membawa coklat yang berasa pahit itu ke Spanyol untuk dijadikan minuman yang dicampur dengan gula sehingga terasa enak. Kemudian coklat menyebar ke berbagai negara dan pada tahun 1765, pabrik coklat berdiri di MAssachusetts USA.




Manfaat Dari Coklat


Memperpanjang Umur

Berdasarkan studi yang telah dilakukan Para Mahasiswa Harvard tahun 1916-1950, ditemukan bahwa mereka yang terbiasa makan coklat mempunyai umur lebih panjang 1 tahun dibanding mereka yang tidak makan. Diduga antioksidan fenol yang ada dalam coklat yang menyebabkan mereka panjang umur.

Menghambat Kolestrol LDL

Coklat ternyata mempunyai kemampuan untuk menghambat kolestrol LDL/jahat dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga penyakit seperti jantung koroner atau kanker bisa dicegah.

Menurunkan Tekanan Darah

Dengan memakan coklat menurut penelitian akan membuat mood anda mejadi lebih baik dan dapat menurunkan tekanan darah.

Anti Aging

Mengkonsumsi coklat secara teratur juga ternyata akan dapat mengurangi kerutan/keriput dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Meningkatkan Gairah/libido

Menurut penelitian ternyata coklat akan membuat wanita - yang mengkonsumsinya sebelum bercinta - menjadi rileks dan lebih puas dalam aktifitas seksualnya. Oleh karenanya coklat bisa juga merupakan afrodisiak, yaitu makanan yang bisa meningkatkan libido seseorang.

Menghilangkan Stress

Coklat mengandung kandungan seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine yang dipercaya memperbaiki mood, mengurangi kelelahan dan galau atau bad mood dari orang yang mengkonsumsinya.

Bahaya Cokelat

Cokelat akan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Coklat adalah makanan berkalori tinggi dan berlemak, walopun memang ada penyeimbangnya dari coklat itu sendiri. Namun bila dimakan kurang dari atau lebih dari anjuran, justru tidak akan bermanfaat bahkan berbahaya, terutama menambah berat badan dan bisa pula gagal jantung.

Berapa takaran yang dianjurkan untuk mengkonsumsi coklat? Dianjurkan bahwa bila coklat dikonsumsi sebanyak satu atau dua sajian coklat per pekan yaitu sekitar 19 hingga 30 gram per minggu.

Lebih lanjut tentang manfaat coklat bisa anda lihat di video dibawah ini :)

0 Response to "Manfaat Coklat Dan Keunikannya"

Posting Komentar

Statistik