Manfaat Nenas atau Nanas


Sudah banyak orang mengetahui tentang manfaat nenas, namun tidak ada salahnya kami kembali akan merangkumnya dari berbagai sumber. Siapa tau ada yang belum tau manfaat nenas secara lengkap.

Nenas adalah buah yang telah memiliki sejarah yang panjang. Buah ini berasal dari daerah Amerika selatan, tepatnya diyakini sekitar Paraguay dan Brazil bagian selatan. Buah ini terus menyebar di dataran Amerika selatan kemudian ditemukan oleh Columbus sekitar tahun 1493. Oleh para penjelajah Spanyol, buah ini akhirnya dikenalkan ke Philipina, Hawaii, Zimbabwe, Guam dan akhirnya terus menyebar ke seluruh dunia.

Adapuan beberapa manfaat dari Nenas adalah:


Obat Pendukung Ketika Batuk Pilek

Tidak semua orang tahu bila nenas adalah salah satu dari dua buah di dunia ini yang mengandung Bromelain. Buah yang lain yang mengandung Bromelain adalah Pepaya dan lain waktu kita akan membahasnya.

Alasan minum juice Nenas ketika flu dan pilek?

  1. Sangat efektif mengurangi sakit dan nyeri ketika anda sakit.
  2. Bromelain adalah anti-inflammatory. Zat ini membunuh bakteri dan melawan infeksi. Minum jus nanas ketika anda sakit akan membantu menenangkan dan menyembuhkan sakit tenggorokan dan mengurangi bengkak kelenjar anda.
  3. Jus nanas membantu menipiskan lendir dan dahak sehingga anda bisa mengeluarkannya dengan mudah. sehingga tubuh Anda dapat mengusir lebih mudah. Bromelain juga membantu menenangkan batuk yang mengganggu.
  4. Minum jus nanas juga akan mengurangi mual anda ketika anda sakit.

Manfaat Nanas Membantu Pernapasan

Jus nenas juga telah banyak dipakai untuk membantu pasien yang mempunyai permasalahan pernapasan seperti bronchitis, panas tinggi, asma dan pneumonia. Saat ini malah sedang ditest kemungkinan untuk mengobati kanker dan HIV.

Manfaat Nanas Untuk AntiInflamasi(peradangan)

Lagi-lagi unsur dari Bromelain yang terkandung dalam nenas sangat berperan untuk tubuh untuk mempercepat penyembuhan atau menghambat peradangan.

Membantu Pencernaan

Nenas secara alami banyak mengandung serat makanan(fiber) untuk membantu pencernaan anda. Kebanyakan dari nenas mengandung fiber dengan tipe mudah larut/bagian lembut. Fiber tipe ini mengundang air kedalam usus anda, memperlambat penyerapan. Dalam proses ini, usus anda akan mampu menyerap semua vitamin dan mineral dari makanan yang anda makan. Dan untuk bagian yang keras dari nenas, itu sangat berguna untuk membuat tinja anda lembut!
Untuk kesehatan pencernaan yang optimal, anda perlu mengkonsumsi 14 gram fiber dari setiap 1000 kalori yang anda makan, demikian menurut penelitian Universitas Colorado. 1 mangkok nenas diperkirakan mengandung 2.2 gram dari total Fiber yang dibutuhkan.

Manfaat Nenas Untuk Wanita Hamil

Di Indonesia, sudah terkenal bila wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsi nanas karena bisa mengakibatkan keguguran. Namun menurut www.livestrong.com - sebuah situs yang bertemakan kesehatan dengan didukung dengan data valid - issu ini tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.
Memang lagi-lagi ulah enzym bromelain yang menyebabkan wanita hamil takut untuk mengkonsumsinya. Enzim ini katanya dapat menstimulasi leher rahim berkontraksi. Namun faktanya, jumlah bromelain yang terkandung dalam nenas yang segar sangat kecil untuk dapat membuat efek seperti itu, bahkan sebagian bromelain hilang ketika proses juice.

Nenas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, jadi bila anda memakannya hanya sebagai tambahan sesekali, itu akan sangat baik untuk bayi anda.
Nah, meskipun demikian, tetap jangan berlebihan ketika anda memakan nanas apalagi anda memakannya tanpa di jus terlebih dahulu, tentu saja bromelain bisa menyebabkan keguguran!

Mengurangi Pembekuan Darah

Nenas dari hasil beberapa studi ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi pembekuan darah. Oleh karenanya, nenas sangat bermanfaat untuk anda yang mempunyai tekanan darah tinggi.

Manfaat Nenas Untuk Doping!

Nenas juga ternyata sangat bermanfaat untuk mereka yang diet kalori. Memakan nenas sebagai sarapan di pagi hari adalah pilihan yang sangat baik untuk mendorong metebolisme tubuh! Buah ini hanya mengambil sedikit energi untuk dibakar tapi memeberikan nutrisi yang cukup pula.

Dan banyak lagi manfaat nenas lainnya yang mungkin tidak tercover oleh artikel ini. Anda ingin mensharenya? silahkan untuk kirimkan komentar anda :)


sumber:
http://voices.yahoo.com
http://www.livestrong.com
http://www.southdreamz.com
healthbodyfitness.inf

0 Response to "Manfaat Nenas atau Nanas"

Posting Komentar

Statistik